Selasa, 20 Oktober 2009

Bout parents

Kadang *kalo saiia sih sering* kita ngerasa jengkel ma ortu kita pas mereka nasehatin kita. Apalagi, klu nasehat mereka tuh mengandung nilai ‘melarang’ kita ngelakuin sesuatu. Dan sesuatu itu, adalah hal yang kita suka atau bakal kita lakukan.
Ok, bahasanya ngebingungin.
Gampangnya, kita *anak* pasti bakal jengkel kalo dikasi tau ini-itu dengan gaya menggurui. Nah, padahal, biasanya apa nasehat orang tua itu benar. Hanya aja, itu nggak sepaham ama kita.
Jadilah, kita kesel sendiri. Jengkel gimana, gitu.
Dan jadilah, kita *kalo anak ‘baik’* ngikutin nasehat itu dengan setengah hati. Sukur masih setengah hati. Saiia pernah ngikutin nasehat otousan saiia karena saiia mengalah. Sumpah! Saiia mengalah karena otousan adalah pemilik hak terbesar *selain okaasan* yang memegang kendali pada benda bernama ‘uang jajan’
Jadi, setelah satu minggu nggak bicara sama otousan, saiia nyerah. Tapi, setelah naik kelas, barulah ketahuan, kalo keputusan saia itu salah. Well, keputusan otousan saia yang salah.
Karena apa isi nasehatnya itu bikin saiia menderita, dan setelah tau apa yang terjadi pada saiia, otousan juga nyesel nyuruh saiia keak gitu.
Jadi, kadang, nasehat orang tua ada juga salahnya. Mungkin nggak salah, hanya nggak sepenuhnya tepat buat kita. Kalo mereka nasehatin kita, coba deh, tenangin pikiran bentar. Ato mikir aja, habis ini bisa baca fanficnya OI *digeplak karena OOT*
Klo kita uda ngerasa rada tenang *dikit juga ga papa* trus, kita coba pikirin pelan-pelan, apa sih maksud nasehat itu. Coba kita berpikir, kira-kira manfaat nasehat itu apa buat kita. Pikirin apa kita bisa ngejalanin itu seenggaknya pake seperempat hati-lah.
Trus, kita coba pikirkan nasehat itu lewat sudut pandang orang tua. Saiia yakin 99,9999,99% *nomor gak valid tuh!* orang tua pengen yang terbaik buat anaknya *basi sih, tapi ini bener kok*
Jadi, mereka juga pasti berusaha buat ngasih yang terbaik buat kita, dan kita juga harus ngasi yang terbaik buat mereka. Yang terbaik di sini bukan berarti harus jadi juara terbaik ato apa, tapi kita harus berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan sesuatu.
Hal yang kita lakuin seeuh hati bakal keliatan kok bedanya sama hal yang kita lakuin dengan rada terpaksa ato nggak punya pilihan lain, alias sekedarnya.
Salah satunya dengan mengikuti keinginan orang tua.
Ini nih, topik utamanya.
Ortu pasti memikirkan yang terbaik buat kita. Cuman, kadang-kadang, mereka lupa sama perasaan kita. Ato mungkin, mereka nggak tau gimana perasaan kita. Jadi, klo emang ngerasa gak sreg ama keputusan ortu, mending, deh, diomongin.
Kalo diomongin, mungkin bakal ada cekcok *kayak saiia* tapi toh, kita yang paling tahu gimana keadaan kita. Hanya saja, kadang, ada bagian dari diri kita sendiri yang kita nggak tau. Jadi, kita perlu orang lain untuk membantu melihatnya dan mengurangi kesalahan.
So, ngomong baik-baik, en of course, cari jalan keluar for the best *grammar yang aneh*
Poko’e, SHARING! Kita harus saling terbuka wawasan, bukan yang laen, lho!
Bagi yang susah nunjukin expresi, ini adalah latihan buat kalian biar nggak jadi anti sosial. Bukannya gimana gimana, tapi ada hal yang bisa Cuma kita pendam sendiri. Jadi, as a human who’s never perfect, we must have to sharing our problems with other, because, maybe they can help us to solve our probematika . . . . . .
Pokoknya, NGOMONG!!!!
Jangan malah adu diem kaiak saiia. Gak guna!! Mari, berantas hubungan-nggak-akur-dalam-keluarga.

MERDEKA!!
*OOT*

Tidak ada komentar: